Pelapis Lantai Anti Statis, Solusi Kontrol Statis yang Konsisten

epoxy anti statik

Epoxy Anti Statik merupakan sistem pelapis lantai yang dibuat untuk kondisi khusus di lingkungan industri yang berpotensi arus listrik statis, sistem lantai ini memiliki fungsi utama untuk mengurai muatan listrik statik untuk mengurangi risiko kerusakan pada peralatan elektronik & cedera personil di dalam fasilitas industri.

Seberapa Bahayakah Listrik Statis?

Perangkat elektronik, avionik, plastik dan juga bubuk kimia tertentu bisa sangat sensitif terhadap pelepasan elektrostatik atau listrik statis. Fasilitas industri yang menangani produk tersebut memerlukan sistem lantai beton konduktif untuk membantu membuang potensi listrik statis dengan aman dan mencegah kerusakan pada perangkat elektronik sensitif, sengatan listrik terhadap personel, ledakan listrik (arc flash) dan insiden serupa lainnya.

Perangkat sensitif elektrostatik

epoxy anti statik
Simbol peringatan yang menunjukkan kerentanan perangkat terhadap tegangan elektrostatik.

Perangkat yang sensitif terhadap listrik adalah komponen (terutama elektronika) yang dapat rusak oleh tegangan listrik statis yang umum dihasilkan oleh setiap manusia, juga non-konduktor atau semikonduktor.

Misalnya pada komponen elektronik seperti CPU, yang dikemas lebih lebih padat dengan transistor akan lebih mudah rusak karena transistor sangat rentan terhadap tegangan listrik statis.

Perangkat sensitif-elektrostatik yang umum kita ketahui:

  • MOSFET transistor, digunakan untuk membuat sirkuit terpadu (IC)
  • CMOS IC (chip), sirkuit terpadu yang dibangun dengan MOSFET. Contohnya adalah CPU komputer, IC grafik.
  • Motherboard komputer
  • TTL chips
  • Dioda laser
  • Blue light-emitting diodes (LED)
  • Resistor presisi tinggi

Listrik statis mengancam keselamatan personil

Saat bekerja di fasilitas yang menangani elektronik sensitif, teknisi biasanya akan menggunakan alas landasan (grounding mat) atau alat pengardean lain untuk menghindari pelepasan listrik statis yang akan merusak perangkat sensitif tersebut. Teknisi mungkin juga memerlukan pakaian antistatik atau tali pergelangan tangan antistatik (antistatic wrist strap).

BACA JUGA:  Pelapis Lantai Dekoratif, Solusi Lantai Kuat & Elegan

Ada beberapa jenis bahan untuk pelepasan dari tegangan listrik statis (ESD) diantaranya:

  • Konduktif : Bahan dengan hambatan listrik antara 1kΩ dan 1 M Ω
  • Disipatif : Bahan dengan hambatan listrik antara 1MΩ dan 1 T Ω
  • Shielding : Material yang menipiskan medan listrik dan arus
  • Pengisian rendah atau Anti-statis : Bahan yang membatasi penumpukan muatan dengan mencegah efek triboelektrik melalui pemisahan fisik atau dengan memilih bahan yang tidak menambah muatan dengan mudah. Manusia memiliki sumber listrik alami yang mengalir di seluruh tubuh, menyentuh ESD yang tidak terkompresi dapat menyebabkan kerusakan material yang serius.

Bahan untuk pelepasan elektrostatik (ESD)

Bahan ESD umumnya dibagi menjadi beberapa kategori dengan sifat terkait: Anti-Statis, Konduktif, dan Disipatif.

Konduktif

Ω/sq: 103 to 105

Bahan konduktif memiliki hambatan listrik yang rendah, sehingga elektron mengalir dengan mudah di permukaan atau melalui bahan-bahan ini. Tegangan listrik statis dialirkan ke tanah atau ke objek konduktif lain.

Disipatif

Ω/sq: 105 to 109

Bahan disipatif memungkinkan muatan listrik statis mengalir ke tanah lebih lambat dengan cara yang lebih terkontrol dibandingkan dengan bahan konduktif.

Anti-Statis

Ω/sq: 109 to 1012

Bahan anti-statis umumnya disebut sebagai bahan yang menghambat pengisian listrik tribo. Pengisian semacam ini adalah penumpukan muatan listrik dengan menggosok atau terjadi kontak dengan bahan lain.

Insulin

Ω/sq: > 1013

Bahan insulatif mencegah atau membatasi aliran elektron di permukaannya atau melalui volumenya. Bahan insulatif memiliki ketahanan listrik yang tinggi dan sulit untuk dialirkan ke ground, sehingga disimpulkan bahwa ini bukan bahan ESD.


Bahaya Arc Flash atau Ledakan Listrik

Untuk lebih memahami Arc Flash ini mari simak video berikut ini.

BACA JUGA:  Pelapis Lantai Industri Penerbangan


Dalam kelistrikan industri, pekerjaan maintenance kelistrikan memiliki resiko tinggi. Salah satu bahaya yang harus dihindari adalah arc flash atau dikenal dengan istilah ledakan listrik. Dalam waktu yang singkat, arch flash mampu menghasilkan ledakan dengan temperature hingga 350000 F.

Arc flash

Seperti terjelaskan dalam video, salah satu pemicu arc flash ini adalah tegangan listrik statis dari sang teknisi maintenance kelistrikan.


Resiko bahaya mengintai kapanpun, mengancam keselamatan personil juga fasilitas industri Anda, jadi sudah sepatutnya Anda sebagai pengelola fasilitas perlu melakukan tindakan preventif, dan kami disini bertugas membantu Anda menyiapkan sistem lantai yang mampu mengurai tegangan listrik statis tersebut.

Epoxy Anti Statik

Sistem epoxy lantai telah dikembangkan untuk memenuhi berbagai aspek dalam lingkungan industri, salah satunya adalah Epoxy Anti Statik yang menjadi solusi penghilang Statis / ESD untuk fasilitas industri.

epoxy anti statik

Mengapa Sistem Epoxy Anti Statik kami andal, berikut alasannya:

  • Sistem lantai Anti Statis yang telah teruji.
  • Sistem lantai akan mengalirkan tegangan listrik statis secara aman ke ground.
  • Instalasi oleh aplikator epoxy lantai profesional, yang terlatih.
  • Pengujian pasca instalasi dengan alat ukur yang terkalibrasi standar berlaku.
  • Ketahanan kimia, abrasi yang sangat baik.
  • Permukaan lantai mulus dan bersih.
  • Tidak diperlukan waxing — cukup pembersihan biasa.

Dengan manfaat seperti tersebutkan di atas, sistem lantai Epoxy Anti Statik dapat memberi nilai estetika dan jaminan keamanan fasilitas industri, personel dan perangkat mahal Anda. Hubungi kami sekarang di TELEPON 0811-123-5000 atau melalui formulir kontak ini.

About Admin

Raja Epoxy
Raja Epoxy Posted on

Raja-Epoxy.com adalah tim aplikator epoxy lantai dengan pengalaman instalasi epoxy lantai di berbagai industri selama lebih dari 17 tahun. Kontak 0811-123-5000